Alumni FISIP Unej Berkomitmen Kembangkan UMKM Berbasis Digital

Reuni Akbar Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Jember 2022, dimanfaatkan untuk meningkatkan pasar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) milik Alumni FISIP. Bahkan UMKM tersebut, melakukan penetrasi pasar online dengan bekerja sama dengan market place, yang dikelola alumni FISIP.

Selain itu kegiatan ini, diisi dengan diskusi dan umpan balik alumni, dengan tema Menguatkan Jejaring Melalui Sinergi Antara Alumni Dengan Almamater FISIP Universitas Jember, di ruang aula FISIP, Sabtu, 5 November 2022.

Menurut Ketua Panitia reuni 2022, Kuhan, salah satu tujuan reuni selain untuk menjalin silaturahmi, juga untuk meningkatkan ekonomi alumni serta pengabdian kepada masyarakat, melalui UMKM. Sebab, ternyata banyak produk UMKM, yang dihasilkan alumni FISIP Unej mulai dari makanan, minuman, garmen, baju dan alat -alat rumah tangga lainnya.

Menurut alumnus FISIP angkatan tahun 81 ini, untuk melakukan penetrasi pasar, pemilik usaha ini memanfaatkan teknologi informasi dengan bekerja sama dengan market place ternama seperti Sophie dan Tokopedia. Sebab, salah satu alumni, ada yang menjadi pengelola kedua market place tersebut.

Sementara wakil Dekan 2 FISIP Unej, Didik Eko Yulianto, peserta reuni diikuti sekitar 1.300 peserta dengan 42 angkatan. Hal ini dilakukan untuk menjalin hubungan silaturahmi antara alumni dan pihak FISIP.

Dengan demikian bisa terjadi hubungan kerja yang harmonis antara alumni dan Fakultas. Apalagi selama ini, pihak fakultas kesulitan mengetahui alamat alumni serta sudah bekerja di mana. Dengan reuni Akbar, sedikit demi sedikit, keberadaan alumni FISIP bisa diketahui.

(76 views)