Sejumlah Toilet di Beberapa Destinasi Wisata Jember Tidak Memenuhi Standard

Sejumlah toilet di beberapa destinasi wisata Kabupaten Jember tidak memenuhi standard CHSE (Clean, Healtnes, Safety, Environment).  Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kabid Pariwisata Disparbud Jember, Deta Irama Kasih.

Menurut Deta, beberapa toilet di destinasi wisata belum dikelola dengan baik dan tidak sesuai dengan standard yang berlaku. Karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember gelar pelatihan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi pariwisata.

Selain memberikan edukasi dan sosialisasi akan pentingnya pengelolaan toilet, pelatihan tersebut merupakan salah satu dari 7 serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam rangka meningkatkan kualitas Destinasi Pariwisata di Kabupaten Jember.

Kebersihan toilet tempat wisata lanjut Deta, menjadi indikator kebersihan tempat wisata. Sehingga, meskipun keadaan toilet di setiap destinasi menjadi kewenangan masing-masing pengelola, namun  Disparbud sebagai pembina berkewajiban mengadakan pelatihan serta sosialisasi guna memberikan himbauan untuk masalah kebersihan sanitasi dan standart toilet.

(291 views)