Soal Hutang Proyek Wastafel, Bupati Masih Perlu Verifikasi Lapangan

Meskipun 41 gugatan yang dimenangkan oleh 14 rekanan wastafel sudah berkuatan hukum tetap. Ternyata Pemkab Jember masih perlu melakukan verifikasi lapangan sebelum mencicil pembayaran.

Kepada sejumlah wartawan Hendy mengatakan, dana untuk membayar proyek wastafel terhadap 14 rekanan sebesar 13,9 miliar sudah disiapkan. Kendati demikian, pada kenyataannya Pemkab Jember hanya menganggarkan 1,3 miliar untuk membayar tanggungan kepada rekanan wastafel.

Hendy berasalan, hutang Pemkab Jember terhadap rekanan wastafel tidak dianggarkan sepenuhnya dalam Perubahan APBD 2022, karena memang pembayarannya akan dicicil. Sisanya akan dianggarkan dalam APBD 2023.

Kendati sebagian kecil sudah dianggarkan, namun ternyata Pemkab Jember masih perlu melakukan verifikasi lapangan. Setelah dokumen dari pengadilan selesai diverifikasi, Pemkab Jember baru akan mulai mencicil ke rekanan wastafel.

Persoalan hutang Pemkab Jember terhadap rekanan wastafel jugas sempat disinggung dalam Pandangan Umum Fraksi Nasdem. Fraksi Nasdem menilai Pemkab Jember tidak serius membayar hutang terhadap rakyatnya.

Padahal jika berasalan Fiskal dalam Perubahan APBD 2022 sempit, buktinya masih ada beberapa OPD yang justru mendapatkan tambahan anggaran. Seperti Dispendik 40,5 miliar, DPU Cipta Karya 7 miliar, Dinsos 18 miliar, Disnaker 5 miliar, Dispemasdes 3,7 miliar, Dispora 4,4 miliar dan Bapenda 10 miliar.

(43 views)