Perayaan HUT RI Mampu Dongkrak Perkembangan UMKM di Jember

Perayaan HUT RI ke 77 yang digelar di seluruh Kecamatan di Kabupaten Jember, mampu mendongkrak UMKM di Kabupaten Jember. Demikian disampaikan Bupati Jember Hendy Siswanto, usai sidang paripurna jawaban atas pandangan umum Fraksi Nota Pengantar, Raperda Perubahan APBD 2022, Selasa malam.

Kepada sejumlah wartawan Hendy menjelaskan, even yang melibatkan banyak massa ternyata cukup ampuh meningkatkan UMKM di Kabupaten Jember. Hal itu terbukti dalam setiap ada perayaan Agustusan menyemarakkan HUT R1 ke 77, tidak terhitung pelaku UMKM dagangannya terjual habis.

Karena itu, dalam tiga bulan ke depan hingga Desember 2022, Pemkab Jember akan terus menggelar even-even besar. Selain memberikan hiburan rakyat, juga sekaligus untuk mendongkrak kemajuan UMKM di Kabupaten Jember, setelah dua tahun terakhir terdampak pandemi covid-19.

Even besar yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat, di antaranya hari santri selama tujuh hari di bulan Oktober dilanjutkan Funbike pada hari TNI. Kemudian dilanjutkan pada bulan November dengan kegiatan selawat dan pasar rakyat. Pada bulan Desmber masih ada kegiatan besar, Tajemtra sekaligus dalam rangka memperingati hari jadi Jember.

Lebih jauh Hendy menjelaskan, meskipun UMKM dapat terbantu dengan adanya even-even besar, namun Pemkab Jember juga perlu menjaga daya beli masyarakat, saat kenaikan harga BBM. Sudah ada 260 ribu KK yang dipastikan mendapatkan bantuan sembako dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

(54 views)