Pasca Kenakan BBM, Gubernur Jatim Minta Pemkab Lakukan Operasi Pasar Seminggu Sekali

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Pemkab dan Pemkot se-Jawa Timur, melakukan operasi pasar secara rutin seminggu sekali. Hal itu perlu dilakukan untuk menjamin daya beli masyarakat, di tengah inflasi dan kenaikan harga BBM.

Kepada sejumlah wartawan Khofifah mengatakan, Pemprov Jatim sudah menganggarkan 257 miliar, untuk membantu warga yang terdampak langsung, kebijakan kenaikan harga BBM dan inflasi. Mulai dari pengemudi ojek Online dan angkot, nelayan, dan pelaku UMKM ultra mikro.

Selain melalui bantuan langsung tunai tersebut, Pemprov juga gencar menggelar pasar murah di lima Bakorwil se Jawa Timur. Bahkan, mulai hari ini, Senin, 19 September 2022, Pemprov Jatim melakukan operasi pasar di 25 pasar tradisional yang menjadi sampel Badan Pusat Statistik (BPS).

Operasi pasar tersebut, akan dilakukan secara rutin tiap hari Senin pagi. Khofifah berharap, seluruh Pemkab dan Pemkot juga melakukan hal serupa. Selain itu, Khofifah juga meminta BUMN dan BUMD turut serta membantu menjaga daya beli masyarakat, agar inflasi tidak terus meningkat.

(33 views)