Kelebihan Muatan, Truk Tebu Terguling di Jalur Gumitir

Diduga muatan melebihi tonase, sebuah truk Fuso bermuatan tebu terguling Saat melintas Jalan raya gunung Gumitir Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Selasa pagi. Truk Nopol BE-8067-PS, dikemudikan Angga Saputra 27 tahun, warga Genteng Sempu Banyuwangi itu, menutupi separuh badan jalan, yang menghubungkan Jember Banyuwangi. 

Menurut Kapolsek Sempolan AKP Suhartanto, kecelakaan tunggal terjadi sekitar pukul setengah 6 Selasa pagi. Awalnya truk yang sarat dengan muatan tebu itu, melaju dari arah Jember menuju Banyuwangi. Sesampai TKP kilometer 36+800, tepatnya di daerah longsor yang masih dalam tahap pengerjaan, truk itu tiba-tiba miring, kemudian terguling.

Berdasarkan hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi, kecelakaan tunggal itu terjadi akibat pengemudi kurang berhati-hati, saat melintas di jalan yang miring dan bergelombang.

Selain itu, polisi menduga truk itu terguling karena muatannya melebihi kapasitas yang ditentukan. Seharusnya muatan disesuaikan dengan daya muat atau tonase , yang tertera dalam buku KIR.

Akibat Peristiwa itu, sopir mengalami luka ringan. Sementara muatan tebu dan truk mengganggu arus lalu lintas, meskipun tidak sampai menimbulkan kemacetan lalu lintas. Hingga Selasa siang, polisi masih memberlakukan sistem buka tutup.

Lebih jauh Suhartanto mengimbau para sopir pengemudi angkutan barang, yang melintas di kawasan Gunung Gumitir, agar berhati-hati, dengan memperhatikan kontur jalan, meliputi kemiringan, tanjakan dan tikungan. 

Selain itu, juga memperhatikan kapasitas muatan dan kendaraan yang sehat. Sebab, kendaraan dengan muatan over kapasitas dan tidak memperhatikan kontur jalan, rawan mengalami kecelakaan lalulintas.

(47 views)