Tinjau PT Semen Imasco, Putri Wakil Presiden Minta Berdayakan Pekerja Perempuan

Ketua Dewan Pembina Yayasan Dewa Dewi Indonesia, Siti Mamduhah, Kamis siang, mengunjungi PT Semen Imasco Asiatic, di Kecamatan Puger. Pada kesempatan itu, putri dari Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, meminta perusahaan asing asal Cina itu agar memberdayakan pekerja perempuan.

Kepada sejumlah wartawan Mamduhah mengatakan, berdasarkan hasil pantauan, PT Semen Imasco Asiatic saat ini sudah mematuhi mempekerjakan 20 persen perempuan. Bahkan, 80 persen dari total pekerja yang ada merupakan warga lokal Kabupaten Jember. Sedangkan sisanya merupakan tenaga asing.

Siti Mamduhah melihat PT Semen Imasco Asiatic, sudah sesuai dengan yang diharapkan. 20 persen pekerja perempuan yang ada sudah ditempatkan di bagian administrasi dan manajemen. Semestinya memang, pekerjaan yang berkaitan dengan tenaga fisik, harus diprioritaskan pekerja laki-laki.

Sementara dalam bidang pekerjaan berkaitan dengan kecakapan intelektual, mamduhah meminta pekerja perempuan disejajarkan dengan pekerja laki-laki.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, untuk Pemkab Jember sejauh ini sudah berupaya memberdayakan perempuan. Bahkan, beberapa relawan yang direkrut Pemkab Jember lebih banyak perempuannya dibanding laki-laki.

Hendy juga menyebut ada perusahaan yang justru 80 persen pekerjanya berjenis kelamin perempuan dan 20 persen pekerja laki-laki.

(54 views)