Khawatir Kenaikan BBM Menambah Jumlah Pengangguran, DPRD Jember Minta Bupati Lakukan Penyesuaian APBD

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim menyayangkan kebijakan kenaikan BBM Bersubsidi, pada saat daya beli masyarakat masih rendah akibat pandemi covid-19. Untuk itu, pihaknya meminta Bupati Jember Hendy Siswanto, melakukan penyesuaian anggaran dalam APBD 2022.

Menurut Halim, APBD tahun 2022 disusun dengan asumsi tidak terjadi kenaikan harga BBM bersubsidi. Namun ternyata, dalam perjalanannya pemerintah pusat menaikkan harga BBM bersubsidi. Sehingga APBD Jember 2022 yang ada perlu adanya penyesuaian. 

Penyesuaian itu sudah harus selesai sebelum tanggal 30 November 2022, karena tanggal tersebut merupakan batas akhir pengesahan Perubahan APBD 2022.

Jika pemerintah pusat memberikan bantuan berupa BLT pasca menaikkan harga BBM Bersubsidi. Maka pemerintah daerah juga perlu melakukan langkah-langkah, mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM.

Kenaikan harga BBM yang mencapai 30 persen lanjut Halim, akan diikuti kenaikan barang dan jasa lainnya.  Bahkan tidak menutup kemungkinan meningkatkan jumlah pengangguran akibat PHK. Pemerintah daerah harus mengantisipasi persoalan tersebut.

(63 views)