Inflasi Jember Merangkak Naik, Pemkab Reaktivasi Satgas Pangan

Inflasi bulan Agustus 2022 mencapai 5,75 persen atau naik 1,72 persen dibandingkan inflasi yang terjadi pada bulan yang sama di tahun sebelumnya. Menyikapi hal itu, Pemkab Jember berjanji akan mengaktifkan kembali fungsi satgas pangan kabupaten Jember.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jember, Arif Joko Sutejo dalam paparannya di Pendapa Bupati, Kamis sore, beberapa komoditas penyumbang inflasi pada bulan Agustus 2022, di antaranya adanya gagal panen di beberapa komoditas bahan pangan, adanya beberapa konflik Internasional yang menghambat proses impor, dan kenaikan harga BBM.

Melihat inflasi Kabupaten Jember yang mengalami kenaikan, Bupati Jember Hendy Siswanto berjanji akan melakukan beberapa upaya pengendalian. Pihaknya akan memperbaiki komunikasi publik untuk tidak membuat masyarakat panik.

Selain itu, juga akan meningkatkan sinergitas dan konsistensi pada tingkat Provinsi dan Kabupaten dalam melaksanakan tugas dan fungsi. Bahkan juga akan mengaktifkan kembali satgas pangan.

Tidak cukup sampai di situ, Pemkab Jember berjanji juga akan memperketat BBM Subsidi tepat sasaran untuk masyarakat miskin. Termasuk juga melaksanakan gerakan hemat energi, serta menerapkan gerakan tanam pangan cepat panen.

(69 views)