DPRD Sebut Koperasi KJHS Belum Maksimal Salurkan Beras ke ASN

Komisi B DPRD Jember, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Rice Milling Unit (RMU), sebagai penyuplai bersa kepada ASN. Dari hasil sidak itu, Komisi B menilai Koperasi Konsumen Jember Harmoni Sejahtera (KJHS), belum maksimal menyalurkan beras ASN.

Anggota Komisi B DPRD Jember Nyoman Aribowo mengatakan, kesiapan petani untuk menyedikan kebutuhan beras ASN melalui KJHS sudah siap. Namun persoalannya berada di pihak KJHS, yang hingga saat ini masih belum terlihat siap menyalurkan beras dari petani ke ASN.

Nyoman melihat, persoalan tersebut muncul karena masih ada sebagian ASN yang menilai penyaluran beras ASN oleh KJHS merupakan program yang dipaksakan. Semestinya, program tersebut dipandang sebagai upaya membantu penyerapan beras dari petani.

Melalui program tersebut, dapat membantu hilirisasi gabah petani, sehingga dapat membantu perekonomian petani. Nyoman yakin, jika Pemkab Jember mampu meyakinkan para ASN bahwa program itu juga untuk membantu para petani, maka ASN akan senang hati menerima beras melalui KJHS.

Karena itu, Nyoman meminta Pemkab Jember lebih gencar lagi melakukan sosialisasi terkait program penyaluran beras dari petani ke ASN, melalui KJHS. Di sisi lain, Pemkab Jember juga harus memastikan proses distribusi tersebut mengacu pada mekanisme yang ada, salah satu di antaranya harus melalui uji laboratorium.

(75 views)