Tergiur Gaji Besar, Uang 13 Juta Milik Warga Ambulu Melayang

Ingin gaji besar dengan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Muhammad Wahyudi, 31 tahun, warga dusun Bregoh, desa Sumberejo, kecamatan Ambulu, malah menjadi korban penipuan. Terduga pelaku berinisial WY, 40 tahun, pria warga dusun Krajan Selatan, desa Kertonegoro kecamatan Jenggawah, saat ini sudah ditahan di polsek Ambulu.
Menurut kapolsek Ambulu, AKP Muhammad Makruf, kasus dugaan penipuan ini, berawal dari kedatangan pelaku WY, ke rumah Wahyudi awal Januari 2022 lalu. Saat itu, dia menawarkan lowongan pekerjaan di perusahaan fish packing manufaktur, di Malta Itali.
Melihat sikap korban yang tertarik dengan tawaran itu, tersangka kemudian meminta korban menyiapkan uang 27 juta rupiah. Uang tersebut diminta ditransfer lebih dulu sebagai uang muka sebesar 15 juta rupiah. Sementara sisanya baru dibayar pada saat pemberangkatan.
Untuk meyakinkan korban, tersangka berjanji akan mengembalikan uang muka, jika nanti gagal berangkat. Korban kemudian membayar uang muka sebesar 13 juta rupiah.
Namun, setelah ditunggu hingga waktu yang dijanjikan, tanggal 27 Januari 2022, korban tak kunjung mendapat panggilan. Bahkan belakangan diketahui, korban gagal berangkat sebagai TKI ke Itali. Sesuai perjanjian awal, semestinya uang muka yang sudah dibayarkan dikembalikan, namun tersangka justru menghilang.
Korban yang menyadari telah ditipu, akhirnya melapor ke polsek Ambulu pada tanggal 28 Maret 2022. Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, polisi akhirnya berhasil menangkap tersangka, pada hari selasa kemarin. Tersangka ditangkap saat kembali ke rumahnya setelah sempat menghilang.
Sejauh ini, tersangka sudah ditahan di Mapolsek Ambulu. Dia dijerat dengan pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP, tentang penipuan dan atau penggelapan uang. Dalam kasus ini, polisi menyita surat kuitansi pembayaran uang kepada tersangka dan surat pernyataan perjanjian antara korban dengan tersangka.

(58 views)