400 Lebih Warga Jember Terserang Demam Berdarah, Dinkes Ingatkan Warga Aktif Berantas Sarang Nyamuk

Sejak beberapa hari lalu, permintaan foging yang masuk ke PMI Jember meningkat, menyusul ada 400 lebih warga yang terserang penyakit demam berdarah, di beberapa kecamatan. Untuk itu, Dinas Kesehatan Jember meminta masyarakat aktif memberantas sarang nyamuk.
Kepala Dinas Kesehatan Jember Lilik Lailiyah mengatakan, dalam kurun waktu dua bulan terakhir, ada 400 lebih warga Jember yang terserang penyakit demam berdarah. Bahkan, ada beberapa orang di antaranya yang meninggal dunia.
Karena itu, Dinas Kesehatan terus melakukan pemantauan ke pemukiman warga, untuk memastikan tidak ada jentik-jentik yang menjadi calon nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. Dinas kesehatan juga mengajak warga dan siswa di seluruh sekolah, agar turut serta secara sadar dan aktif memberantas sarang nyamuk, baik di rumah maupun di tempat lain.
Lebih jauh Lilik menjelaskan, dalam upaya memberantas nyamuk penyebab demam berdarah tidak harus fogging, namun cukup degan memberantas sarang nyamuk. Namun, masyarakat yang kurang yakin dan tetap ingin difoging, bisa berkoordinasi dengan puskesmas terdekat, yang juga menyediakan alat fogging.
Lilik juga mengimbau masyarakat lebih intens lagi mengecek kubangan yang berisi genangan air, termasuk menguras tempat air secara rutin agar tidak menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah.

(75 views)