Puluhan Petani Unjuk Rasa, Tuntut HPP Gabah Dinaikkan

Puluhan petani yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia atau HKTI Jember, Kamis siang menggelar unjuk rasa di depan Pendapa Bupati Jember. Mereka menyampaikan lima tuntutan kepada pemerintah pusat.

Koordinator aksi Jumantoro mengatakan, kondisi petani di Jember saat ini sedang tidak baik-baik saja. Pada saat biaya produksi naik 30 persen, harga HPP komoditas pertanian masih tetap sama selama lima tahun.

Karena itu petani meminta pemerintah merevisi HPP dengan harga yang menguntungkan petani. Selain itu, petani juga menolak rekomendasi DPR RI tentang 9 komoditas yang disubsidi. Mereka juga menolak pencabutan pupuk bersubsidi.

Tuntutan selanjutnya, petani meminta pemerintah lebih serius menangani wabah PMK yang menyerang hewan ternak. Sebab, petani di Jember selain bertani juga memelihara hewan ternak. Petani sangat menderita saat harga hasil pertanian tidak menentu, saat hendak menjual hewan ternak harganya juga murah.

Aksi puluhan petani itu ditemui oleh Wakil Bupati Jember Muhammad Balya Firjaun Barlaman. Tuntutan mereka ditandatangani untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah pusat.

Aksi itu ditutup dengan makan bersama beralaskan daun pisang. Selain Kepala Bakesabangpol dan beberapa ASN, juga terlihat Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo makan bersama para petani.

(28 views)