GMNI Sastra Unej Desak UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual Segera di Terapkan

Bertepatan dengan hari kartini puluhan aktifias GMNI Fakultas sastra Unej menggelar aksi unjukrasa di gedung DPRD Jember Kamis siang. Mereka minta DPRD Meneruskan aspirasinya kepada pemerintah pusat, agar UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau TPKS segera di terapkan.

Koordinator aksi Vicky Arlensius menjelaskan, undang-undang tindak pidana kekerasan seksual sudah di tetapkan, namun aturan turunannya seperti PP dan Perpres masih belum ada. Padahal UU TPKS masih mengatur secara normatif dan bersifat uum, sehingga untuk penerapannya dibutuhkan aturan turunan.

DPK GMNI Fakultas Sastra Unej meminta DPRD Jember meneruskan aspirasi mereka kepada DPR RI dan pemerintah pusat, agar undang-undang TPKS ini dapat segera di terapkan. Sebab akhir-akhir ini kekerasan terhadap perempuan banyak terjadi bahkan di dalam kampus sekalipun.

Sementara anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Jember Tabroni yang menemui perwakilan pengunjuk rasa, menyatakan setuju dengan aspirasi mahasiswa, dan akan segera meneruskan tuntutan mereka ke DPR RI. Bahkan jika aturan turunannya sudah ada, Jember bisa menindaklanjuti dengan membuat perda kekerasan seksual.

(47 views)