PMI Jember Mulai Layani Terapi Plasma Konvalesen

Setelah membangun kerjasama dengan RSUD dr. Soebandi, Palang Merah Indonesia atau PMI Kabupaten Jember, hari ini sudah mulai melayani terapi plasma konvalesen terhadap penderita covid-19 dengan kondisi berat.

Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki menjelaskan,hingga hari ini sudah ada sembilan sukarelawan penyintas covid-19 yang mendonorkan plasma konvalennya, yakni dari pasien RSD Soebandi, RS DKT, RS Jember Klinik dan RS RKZ Surabya. Bahkan hari ini ada permintaan dari RS Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Kantong plasma yang dihasilkan lanjut Zaenal, tidak langsung digunakan, namun dibawa ke UDD PMI Jember yang terletak di Jalan Srikoyo untuk dilakukan uji sharing. Setelah screening dan dinyatakan aman, maka UDD PMI kemudian menyerahkan dua dari tiga plasma yang ada kepada keluarga pasien covid-19 dengan kondisi berat. Selanjutnya akan ditranfusi oleh dokter kepada pasien covid-19 memenuhi syarat.

Menurut Zaenal, pasca membuka pelayanan donor plasma konvalesen ada beberapa penyintas covid-19 yang terpanggil untuk mendonorkan plasmanya demi membantu kesembuhan pasien covid-19.

Lebih lanjut Zaenal menjelaskan, sebenarnya, yang diperbolehkan produksi plasma darah itu UDD PMI yang sudah CPOB. Namun PMI Jember dipercaya membuka layanan plasma konvalesen dengan turunnya surat ijin dari PMI Pusat, karena dinilai mampu menjaga kualitas plasma darah tersebut.

(221 views)