29 Persen Masyarakat Belum Tahu 3 T Dalam Memutus Penularan Covid-19

Sebanyak 29 persen masyarakat Indonesia belum mengetahui 3T yakni Tracing,Testing, Treatment dalam melawan covid-19. Demikian yang disampaikan Penasihat Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi atau Menkomarinvest, Monica Nirmala dalam Dialog diselenggarakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan EkonomiNasional atau KPCPEN, Kamis sore.

Menurut Monica selama ini masyarakat hanya memahami strategi 3 M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuri tangan sebagai langkah untuk memutus mata rantai penularan covid-19. Sementara terkait 3 T hanya 71 persen masyarakat belum mengetahuinya.

Masyarakat lanjut Monica selama ini menganggap bahwa 3T dan 3M adalah dua hal berbeda. Padahal, keduanya merupakan satu kesatuan untuk memutus penularan Covid-19. Rendahnya pemahaman masyarakat terhadap 3 T disebabkan karena masih ada stigma negatif terhadap pasien positif Covid-19.

Lebih lanjut Monica menjelaskan, kedepannya seluruh instansi pemerintahan harus lebih gencar lagi memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak ada lagi setigma negatif terhadap pasien positif Covid-19. Sebab selama masyarakat mengucilkan pasien covid-19, 3 T akan sulit dilakukan.

(241 views)