Seluruh Fraksi DPRD Usul Pembentukan Pansus Covid-19

Banyaknya laporan tentang dugaan penyalahgunaan bantuan covid-19, membuat seluruh fraksi di DPRD Jember mengusulkan dibentuknya pansus Covid-19. Hal ini dirasa perlu sebagai bentuk pengawasan DPRD, terhadap penyaluran bantuan hasil refokusing anggaran yang nilainya sangat fantastis.

Anggota Fraksi Nasdem David Handoko Seto mengatakan, sejauh ini banyak sekali pengaduan dan informasi masuk ke DPRD, tentang ketidakjelasan penyaluran bantuan Covid. Diantaranya dari keterangan pemkab sendiri, yang mengakui 200 milyar dana bantuan covid belum ter SPJ kan, serta data penerima bantuan yang dikhawatirkan tidak tepat sasaran.

DPRD lanjut David, mendapat informasi dari TKSK yang ditugaskan oleh kementerian sosial untuk mengawal.progam-progam bantuan, bahwa data penerima bansos dari dinas sosial Jember perlu dipertanyakan kembali. Sayangnya hingga saat ini dinsos belum memberikan data yang diminta oleh DPRD tersebut.

Selain terkait dana hasil refokusing anggaran yang bersumber dari APBD, pansus ini nantinya juga akan meminta transparansi, mana bantuan yang bersumber dari APBN, mana yang dari APBD Propinsi dan mana yang dari kabupaten. Sebab dirinya banyak mendengar semua bantuan tersebut di klaim oleh bupati, yang mencalonkan diri kembali dalam pilkada 9 Desember mendatang.

(259 views)