Penerapan Sanksi Netralitas 3 Camat Ada di Tangan Sekda

 

Pemkab Jember sudah menerima surat rekomendasi Komisi ASN terkait sanksi pelanggaran netralitas 3 orang Camat. Bahkan surat Komisi ASN tersebut oleh Plt Bupati, sudah di disposisikan kepada Sekkab sebagai atasan langsung ketiga camat tersebut. Demikian disampaikan kepala Inspektorat Jember Joko Santoso.

Menurut Joko, sesuai PP 53 tahun 2010,  penjatuhan sanksi displin terhadap ASN yang melanggar, bisa langsung dilakukan oleh Sekkab sebagai atasan langsung. Sebab dalam surat rekomendasi komisi ASN, sudah jelas menyebutkan jenis pelanggaran dan sanksi yang harus diberikan.

Karena itu setelah mendapat disposisi dari plt bupati, bisa saja sekda langsung menjatuhkan sanksi, atau jika memang tidak mampu bisa membentuk tim dengan melibatkan Inspektorat. Sebab dalam PP 53 pembentukan tim tidak bersifat wajib.

Diberitakan sebelumnya, setelah merekomendasikan dijatuhkannya sanksi pelanggaran netralitas terhadap camat Tanggul, Komisi ASN kembali mengeluarkan surat rekomendasi pelanggaran netralitas yang dilakukan camat Pakusari dan Sumberjambe. Dengan demikian sejauh ini sudah ada 3 camat yang direkomendasikan oleh komisi ASN, namun belum dilaksanakan oleh pemkab Jember.

 

 

 

(226 views)