Keluarga di Jombang Keberatan Jenazah Covid-19 Dimakamkan Susuai Protokol Covid-19

Proses pemakaman jenazah covid-19 di Desa Padumasan, Kecamatan Jombang

Proses pemakaman jenazah covid-19 di Desa Padumasan, Kecamatan Jombang

Pihak kelurga sempat merasa keberatan terhadap pemakaman Muslikhah 73 tahun warga Dusun Krajan, Desa Padumasan, Kecamatan Jombang yang dilaksanakan sesuai protokol covid-19. Pihak keluraga keberatan karena belum percaya bahwa alhmarhum positif corona.

Kapolsek Jombang, Iptu Koesmiyanto kepada wartawan menceritakan, diketahui Muslikhah dibawa ke Rumah Sakit dr. Haryoto Kabupaten Lumajang pada tanggal 17 Otober 2020, dengan mengalami gelaja mirip penderita covid-19. Setelah dilakukan tes swab yang bersangkutan dinyatakan positif covid-19. Dua hari dilakukan perawatan intensif ahirnya pada tanggal 18 Oktober 2020 Muslikhah meninggal dunia.

Sesuai aturan seluruh pengurusan jenazah covid-19 haru dilakukan oleh petugas dengan menerapkan protokol yang sudah ditentukan. Namun ternyata dari pihak keluarga menyatakan keberatan jika Muslikhah dimakamkan dengan protokol covid-19. Mereka tetap bersikeras dimakamkan layaknya pemakaman orang secara umum.

Melihat kejadian tersebut petugas dari Dinas Kesehatan Jember dan Anggota Polsek Jombang langsung menemui keluarga korban. Koesmiyanto menilai masyarakat sudah mulai memahami pentingnya penerapan protokol pemamaham jenazah covid-19 sehingga tidak butuh waktu lama mereka sudah bisa menerima.

 

(249 views)