Tolak Sanksi Kerja Sosial, Pelanggar Protokol Kesehatan di Pakusari Pilih Bayar Denda

petugas gabungan saat menggelar operasi yusitisi protokol kesehatan

petugas gabungan saat menggelar operasi yusitisi protokol kesehatan

Petugas gabungan yang terdiri dari tiap unsur satgas Covid-19 Kabupaten Jember, Rabu sore mengelar operasi yustisi protokol kesehatan di depan Balai Desa Kertosari, Kecamatan Pakusari. Tidak sampai satu jam digelar sudah ada ratusan warga yang terjaring razia.

KBO Satbinmas Polres Jember Ipda Iswanto menjelaskan, meski tiap hari gencar melakukan razia pelanggar protokol kesehatan, namun hingga saat ini masih tetap banyak warga yang mengabaikan protokol kesehatan. Tidak sampai satu jam menggelar operasi yustisi, ada sebanyak 133 orang yang terjaring razia tidak memakai masker.

Berbeda dari pelanggar kebanyakan yang memilih sanski kerjas sosial daripada bayar denda, salah satu dari 133 pelanggar tersebut lebih memilih membayar denda sebesar 50 ribu rupiah. Sementara sisanya ada yang memilih kerjsa sosial membersihkan balai desa, ada yang memilih menyanyikan lagu nasional dan menghapal pancasila, serta ada yang memilih membaca doa san salawat.

Lebih lanjut Iswanto menjelaskan, pengakuan pelanggar protokol kesehatan beragam mulai dari lupa tidak membawa masker, alasan hendak pergi ke tempat yang berdekatan hingga alasan maskernya tertinggal di tempat kerja. Setelah terjaring razia dan disidang ditempat mereka mengaku menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

 

 

(305 views)