Panwascam Dalam Melaksanakan Tugasnya Tidak Perlu Surat Tugas

Bawaslu menyayangkan terjadinya perlawanan dari warga, terhadap petugas panwascam yang sedang melakukan penertiban alat peraga kampanye di kecamatan kaliwates. Padahal.penertiban tersebut merupakan intruksi langsung dari Bawaslu kabupaten.

Komisioner Bawaslu Jember Devi Aulia menjelaskan, penertiban APK memang merupakan intruksi Bawaslu karena sudah memasuki masa kampanye. Dalam video yang beredar warga mempertanyakan surat tugas kepada panwascam. Padahal untuk menjalankan kegiatan tersebut panwascam tidak perlu membawa surat tugas, karena memang mereka di rekrut untuk menjalankan tugas tersebut.

Dalam aturan, penertiban dilakukan bersama oleh tim yang terdiri dari satpol pp, kepolisian dan bawaslu atau panwascam sebagai koordinator. Namun dalam pelaksanaan dilapangan, tidak mungkin dilakukan bersamaan, tetapi harus berpencar agar lebih cepat dan efektif.

Devi menyayangkan perlawanan yang dilakukan warga kepada petugas, qkibat ketidakpahaman warga. Kedepan bawaslu akan meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait serta sosialisasi kepada masyarakat tentang tupoksi pengawas pemilu, agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

 

(319 views)