Seluruh Paslon Sepakat Laksanakan Pilkada Damai dan Sehat

Tiga pasangan bupati dan wakil bupati Jember, Jumat melam mendeklarasikan pelaksanaan pilkada jember tahun 2020 secara sehat dan damai. Pembacaan deglarasi tersebut disaksikan forkopimda, tokoh masyarakat dan ulama di halaman Mapolres Jember.

Ketua KPU Jember Muhammad Syaiin menjelaskan, karena pilkada tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi covid-19, sehingga diharapkan pilkada ini tidak menjadai klaster baru penyebaran covid-19. Karena itulah seluruh selain harus siap mendukung pilkada damai pasangan calon juga harus melaksanakan pilkada sehat.

Dalam deklarasi pilkada dama dan sehat ini lanjut Syaiin, ada beberapa poin yang perlu dipatuhi oleh setiap pasangan calon. Di antaranya jujur, adil, santun dan bermartabat. Siap mengendalaikan massa pendukung dan tidak mengangkat isu kontrapuduktif dan berbau sara dalam berkampanye.

Dan yang penting siap menerapkan protokol kesehatan setiap tahapan pilkada guna mencegah penyebaran virus corona. Bekerjasama dengan aparat keamanan untuk menjega situasi yang kondusif serta mendukung sepenuhnya tindakan tegas aparat dalam menegakkan peraturan perundang-undangan. Dan yang terkahir  siap kalah dan menang dan menerima hasil pilkada dengan ikhlas dan kesatria.

Lebih jauh Syaiin berharap dengan adanya deklarasi sekaligus doa bersama yang diinisiasi oleh Polres Jember benar-benar dilaksanakan. Sebab pelanggaran terhadap kesepakatan ataupun aturan nantinya akan ada sanksinya tersendiri.

 

(190 views)