Ketiga Paslon Kompak Tolak Tambang Emas Silo

 

Tambang emas Silo nampaknya menjadi salahsatu komitmen yang ditawarkan oleh para calon bupati dan wakil bupati kepada masyarakat. Ketiga paslon sama-sama sepakat menolak ekploitasi tambang emas Silo.

Calon bupati nomor urut 1 Faida mengatakan, sumberdaya alam tidak terbarukan seperti emas tetap harus dijaga. Karena itu dirimya berkomitmen menjaga tambang emas yang nantinya akan diatur dalam perda RTRW, sehingga masyarakat setenpat masih bisa mempertahankan areal pertanian miliknya.

Cabup nomor urut 2 Hendi Siswanto mengatakan, tambang emas di Jember sudah jelas-jelas ditolak oleh masyarakat, sehingga tidak mungkin akan dilakukan eksplorasi. Apalagi di Jember selain emas masih banyak produk turunan tambang lainnya yang bisa dimanfaatkan, seperti kapur yang juga bisa mensejahterakan masyarakat.

Sementara cabup nomor urut 3 Abdussalam juga tidak setuju adanya eksploitasi tambang emas. Sebab menurutnya di sekitar areal tersebut masih banyak potensi lain yang bisa dimanfaatkan selain tambang, seperti untuk pengembangan komoditas pertanian dan perkebunan, atau bahkan untuk obyek wisata yangvdapat memberikan dampak ekonomi bagi masuarajat sekitar.

(257 views)