Makamkam Puluhan Jenazah Secara Protokol Covid, PMI Tak Pakai Anggaran Satgas Covid

Terhitung mulai bulan April hingga tanggal 19 September 2020, Palang Merah Indonesia atau PMI Cabang Jember sudah melakukan sebanyak 66 kali pemakaman jenazah secara protokol covid-19 di Kabupaten Jember. Demikian yang disampaikan Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki.
Menurut Zaenal, untuk layanan antar dan pemakaman jenazah covid-19, PMI Jember menyiapkan dua mobil jenazah khusus. Hingga detik ini, PMI Jember memberikan layanan antar jenazah covid secara gratis tanpa memungut biaya apapun kepada keluarga jenazah.
Karena memang proses pemakaman jenazah covid sepengetahuannya ada anggarannya di satgas covid-19 Jember lanjut Zaenal, sehingga setiap proses pemakaman yang juga melibatkan tenaga medis dari puskesmas dan rumah sakit, selalu dilaporkan ke satgas covid Kabupaten Jember. Hanya saja hingga saat ini satgas covid Jember belum mencairkan anggaran tersebut kepada PMI Jember. Artinya hingga saat ini PMI Jember belum pernah menggunakan anggaran dari satgas covid Jember untuk proses antar dan pemakaman jenazah covid.
Lebih jauh Zainal menjelaskan, sebenarnya pihaknya juga tidak begitu mengharap adanya pencairan terkait penanganan jenazah covid yang dilakukan PMI Jember, karena memang PMI berkerja untuk melayani masyarakat. Hanya saja jika setelah proses validasi nantinya seluru biaya penanganan jenazah covid yang dilakukan PMI diganti oleh satgas tugas covid Jember, pihaknya sangat bersyukur.

(228 views)