Calon Kades Subo Pakusari Menang Gugatan PTUN Terhadap Bupati Jember

Pengadilan tata usaha negara memerintahkan bupati Jember Faida, membatalkan keputusannya menetapkan Yani Romiyatun sebagai kades Subo, dan melantik Siti Marisa sebagai kades Subo terpilih. Hal ini merupakan salahsatu Poin putusan gugatan PTUN yang dimenangkan oleh Siti Marisa.

Ditemui di rumahnya Siti Marisa mengaku bersyukur, kebenaran yang selama ini diperjuangkan akhirnya membuahkan hasil. Gugatan PTUN ini menurutnya merupakan upaya terakhir, setelah berbagai upaya yang dilakukan gagal. Semula dirinya sudah mengajukan keberatan kepada bupati, namun bupati tetap melantik Yani Romiyatin yang meeupakan kades petahana.

Kemudian dirinya mengajukan gugatan melalui pengadilan negeri Jember, namun gugatannya tidak dapat diproses karena bupati sudah terlanjur melantik petahana. Hingga akhirnya dirinya mengajukan gugatan PTUN tersebut. Saat ini menurut Siti Marisa, dirinya tinggal menunggu tindaklanjut bupati atas putusan PTUN tersebut.

Sementara bupati Jember Faida hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi, menanggapi putusan PTUN ini. Pilkadea Subo Pakusari sendiri dilaksanakan akhir 2019 lalu, dimana saat itu panitia pilkades menyatakan petahana 2 periode Yani Romiyatun mendapatkan suara terbanyak.

Namun Siti Marisa yang merupakan penantangnya, mengetahui dan memiliki bukti-bukti banyaknya dugaan kecurangan, mempersoalkan hasilnya menjadi sengketa hasil pilkades. Namun sengketa belum selesai, bupati sudah melantik petahana sebagai Kades terpilih.

 

 

 

 

(461 views)