LPSK Sayangkan Vonis Bebas Terdakwa Kasus Pasar Manggisan

Wakil ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban LPSK RI Susilaningtyas, menyayangkan vonis bebas terhadap terdakwa Dodik, yang merupakan pimpinan dari Fariz. Sementara Fariz sebagai saksi pelaku yang dilindungi LPSK, justru mendapat vonis 5 tahun.

Susi menjelaskan, secara logika Fariz tidak mungkin berjalan sendiri, karena dia memiliki pimpinan yakni Dodik. Karena itulah dari fakta-fakta yang ada LPSK memberikan rekomendasi Fariz sebagai justice collaborator, atau saksi pelaku yang membantu untuk pengungkapan perkara. Sebab Fariz dinilai bukan sebagai pelaku utama.

Seharusnya dengan menjadi Justice Colaborator Fariz berhak mendapatkan keringanan hukuman. Namun kenyataannya vonis terhadap Fariz yang berada dalam perlindungan LPSK, mendapat sanksi cukup berat. Sementara Dodik selaku pimpinan Fariz justru mendapatkan vonis bebas, yang menurut Susi sangat aneh.

Hari ini pasca putusan majelis hakim, LPSK kembali datang menemui Fariz di lapas klas 2A Jember, untuk menyampaikan hak-hak yang harusnya diterima Fariz. LPSK juga mendorong Fariz untuk menempuh banding, dimana dalam berkas banding nantinya, LPSK akan kembali mencantumkan pertimbangan-pertimbangan justice collaborator.

Diberitakan sebelumnya, pengadilan tipikor Surabaya menjatuhkan vonis bebas terhadap terdakwa Irawan Sugeng Widodo alias Dodik. Putusan tersebut jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa, yang sebelumnya menuntut terdakwa Dodik dengan hukuman 7 tahun 6 bulan penjara.

(297 views)