Jaksa Ajukan Kasasi Atas Putusan Bebas Terdakwa Kasus Pasar Manggisan

 

Jaksa penuntut umum memastikan akan menempuh upaya hukum kasasi, atas putusan bebas pengadilan tipikor Surabaya, terhadap terdakwa kasus dugaan pasar Manggisan Tanggul atasnama Irawan Sugeng Widodo alias Dodik. Demikian disampaikan kepala seksi pidana khusus kejaksaan negeri Jember Setyo Adhi Wicaksono Rabu siang.

Menurut Setyo, dalam pemeriksaan pihaknya menemukan fakta bahwa terdakwa Dodik yang menyuruh terdakwa Fariz, untuk mengurus seluruh pekerjaan proyek di Jember. Bahkan jaksa penuntut umum juga sudah membuktikan hal ini dimuka persidangan. Namun Setyo juga mengaku kaget ketika ternyata hakim berpendapat lain.

Karena itu atas putusan bebas terdakwa Dodik ini, pihaknya memastikan akan mengambil upaya hukum kasasi. Saat ini pihaknya masih memiliki waktu 7 hari mempelajari putusan, untuk selanjutnya disusun memori kasasi yang akan diajukan ke Mahkamah Agung.

Sementara untuk vonis 3 terdakwa lainnya yakni Fariz, Edi Sandhi dan Anas Ma’ruf, karena putusan majelis hakim sudah diatas 2/3 tuntutan jaksa, maka pihaknya tidak mengajukan banding. Untuk terdakwa Dodik sendiri jaksa memberikan tuntutan 7 tahun 6 bulan, namun majelis hakim menjatuhkan vonis bebas.

 

 

 

 

(342 views)