BI Buka Penukaran Uang Pecahan 75 Ribu Hingga Akhir September

Untuk memenuhi keinginan masyarakat, Bank Indonesia membuka penukaran uang pecahan 75 ribu edisi HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke 75 hingga tanggal 30 September 2020 mendatang. Demikian yang disampaikan Kepala KPwBI Jember Hestu Wibowo, Rabu siang.

Menurut Hestu, karena situasi saat ini masih pandemi covid-19, Bank Indonesia membatasi jumlah penukaran uang pecahan 75 ribu edisi HUT RI ke-75 hanya untuk 150 orang perharinya. Awalnya untuk peride pertama jadwal penukaran dibuka mulai tanggal 18 Agustus hingga 03 September 2020.

Sejak pertama di buka, meski di hari pertama hanya 121 orang yang menukarkan uang 75 ribuan dari kuota 150 orang, namun kuota penukaran hingga tanggal 03 September 2020 sudah penuh. Meski demikian, untuk memenuhi keinginan masyarakat,BI kembali membuka jadwal penukaran hingga batas akhir 30 September 2020. Sementara untuk penukaran di Bank umum baru dimulai tanggal 01 Oktober mendatang.

Saat ditanya berapa uang pecahan 75 ribuan yang disediakan oleh BI Jember, Hestu mengaku jumlah pastinya belum bisa disebutkan. Namun Hestu memastikan uang pecahan 75 di BI Jember lebih dari cukup untuk memenuhi keinginan masyarat se Sekarkijang.

Lebih jauh Hestu menjelaskan, untuk penukaran uang 75 ribuan ini per NIK hanya boleh menukarkan satu kali saja sebanyak satu lembar. Warga yang hendak menukarkan uang tersebut juga harus mendaftar melalui halaman situs pintar.bi.go.id. Saat penukaran warga juga wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

(691 views)