Pandangan PDI Perjuangan Sebagai Partai Pengusung Bupati Terkait HMP

PDI Perjuangan sebagai pengusung bupati sekaligus inisiator Hak Menyatakan pendapat atau HMP menilai, pemakzulan bupati Jember oleh DPRD merupakan langkah yang sangat layak, melihat kondisi Jember yang semakin buruk.

Wakil ketua Komisi II DPR RI yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Jember Arief Wibowo melalui telefon selularnya mengatakan, meski PDI perjuangan merupakan partai pengusung bupati Faida, melihat persoalan di Jember yang semakin menumpuk membuat PDI Perjuangan ikut menjadi motor dilakukannya hak menyatakan pendapat, yang berujung pembeehentian bupati oleh DPRD.

Arief menilai sudah terlalu banyak pelanggaran yang dilakukan bupati, diantaranya tidak melaksanakan perintah Mendagri terkait SOTK. Pemerintahan di Jember menurut Arief bukan hanya bupati, tetapi juga ada DPRD, sehingga bupati tidak boleh semaunya sendiri. Jika bupati beritikad baik, mestinya sejak interpelasi dan angket bergulir bupati tidak menganggap DPRD tidak penting.

Diberitakan sebelumnya, 47 dari 50 orang anggota DPRD Jember menyetujui digunakannya hak menyatakan pendapat. Dalam paripurna, 45 orang diantaranya setuju pemberhentian bupati Jember. SelanjutnyabDPRD akan mengirim berkas pemberhentian Bupati ke Mahmakah Agung, untuk diuji dan mendapatkan fatwa.

 

 

 

 

(352 views)