Gelar Operasi Patuh Semeru, Polisi Kedepannya Pencegahan Penyebaran Covid-19

Terhitung sejak hari ini hingga tanggal 05 Agustus 2020 Polres Jember menggelar operasi patuh semeru. Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, operasi kali ini lebih menekankan pencegahan penyebaran virus corona.

Kasat Lantas Polres Jember AKP Muhammad Ardi Wibowo kepada sejumlah wartawan menjelaskan, berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengedepankan penindakan, operasi patuh tahun 2020 ini hanya 20 persen penindakan dan sisanya lebih kepada upaya pencegahan penyebaran vitus corona. Sebab pihaknya menilai masyarakat yang sudah terlanjur beraktivitas normal kerap tidak mengenakan masker di tengah pandemi covid-19.

Polisi nantinya akan melakukan razia di sejumlah titik sambil memberikan sosialisasi pencegahan covid-19 sekaligus membagikan masker secara gratis kepada pangguna jalan. Meski demikian saat ditanya apakah yang tidak mengenakan masker akan ditilang, Ardi memastikan tindakan tersebut belum bisa dilakukan karena masih belum ada perda yang mengaturnya.

Lebih jauh Ardi menjelaskan, meski operasi kali ini mengutamakan pencegahan penyebaran covid-19, namun ada tujuh sasaran prioritas yang akan diberlakukan penindakan. Di antaranya menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus, melebihi kecepatan maksimal,tidak mengenakan sabuk pengaman, tidak mengenakan helm SNI, pengendara di bawah umur, serta truk dengan muatan berlebih.

(491 views)