KPK Kembali Ingatkan Bansos Covid Jangan Untuk Kepentingan Pilkada

Komisi Pemberantasan Korupsi KPK RI memberikan perhatian khusus dalam penyaluran bantuan sosial covid 19, yang dinilai rawan penyelewengan seiring akan dilaksanakannya pilkada serentak di 270 daerah. Demikian disampaikan juru bicara KPK Ali Fikri.

Menurut Ali, sebagai langkah pencegahan tindak pidana korupsi, KPK sudah mengeluarkan 3 surat sekaligus. Sebab KPK melihat setidaknya terdapat 4 titik kerawanan, diantaranya refokusing anggaran, proses pengadaan barang jasa, penerimaan sumbangan pihak ketiga, serta penyelenggaraan bantuan sosial yang rawan ditunggangi kepentingan tertentu.

Sejauh ini lanjut Ali, KPK menemukan pencantuman foto ataupun pesan tertentu dalam paket bantuan sosial, yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada serentak di 270 daerah. Karena itu KPK tegas mengingatkan, jangan sampai memanfaatkan bansos yang saat ini digelontorkan serentak oleh pemerintah pusat provinsi dan kabupaten/kota, untuk kepentingan praktis pilkada.

Lebih jauh Ali menegaskan, beberapa daerah menjadi perhatian khusus bagi KPK, karena nilai refokusing anggaran yang dilakukan dinilai jauh melebihi kemampuan keuangan daerahnya.

(340 views)