Masyarakat Bisa Cetak Kartu Keluarga Sendiri Pakai Kertas HVS

Terhitung sejak awal Juli, dinas kependudukan tidak lagi melayani pencetakan kartu keluarga. Sehingga masyarakat bisa mencetak sendiri kartu keluarga, yang file nya dikirim ke email masing-masing menggunakan kertas HVS 80 gram.

Menurut kepala dispenduk capil Jember Isnaini Dwi Susanti, Dirjen adminduk kememterian dalam negeri sudah mengeliarkan intruksi, perbulan Juli tidak lagi melakukan pengadaan blanko kartu keluarga. Sehingga masyarakat bisa langsung mencetak sendiri dengan menggunakan kertas HVS 80 gram.

Setelah mengurus KK ke dispenduk, staf dispenduk akan mengirimkan file KK yang sudah jadi ke email pemohon, untuk di cetak sendiri. Dengan demikian masyarakat tidak perlu lagi khawatir KK miliknya hilang, karena file masih tersimpan di email dan bisa langsung dicetak sendiri.

Sejauh ini menurut Santi, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pihak-pihak terkait, seperti perbankan dan perusahaan swasta lainnya, yang mensyaratkan KK dalam memberikan pelayanan. Diharapkan kedepan tidak terjadi penolakan pelayanan terhadap masyarakat.

(519 views)