Warga Ledokombo Temukan Bangunan Bersejarah Zaman Majapahit

Warga Dusun Krajan, Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo menemukan susunan batu bata merah yang diduga merupakan peninggalan bersejarah di lahan milik warga setempat. Meski bentuk bangunannya belum diketahui namun diduga kuat bangunan tersebut merupakan peninggalan zaman majapahit.

Juru Pelihara Badan Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Djoko Suharjito menjelaskan, pasca ada info penemuan bangunan bersejarah di Ledokombo, pihaknya bersama tim langsung turun ke lapangan untuk mengecek. Setelah dilakukan kajian sementara, dilihat dari bentuk batanya yang berukuran panjang 32 centimeter,tebal enam centimter dan lebar 17 centimeter, diduga kuat berasal dari zaman majapahit. Batu bata tersebut mirip dengan yang ada di Candi Deres yang ditemukan di Kecamatan Gumukmas dan situs Beteng di Lumajang.

Meski demikian lanjut Djoko, pihaknya belum bisa memastikan apakah bangunan tersebut merupakan pemukiman, bendungan atau candi. Nemun jika melihat dari batu batanya yang polos atau tidak ada ornamen sangat kecil kemungkinannya jika bangunan tersebut merupakan candi.

Lebih jauh Djoko menjelaskan,meski hingga saat ini bentunya yang terlihat lebih mirip sumur atau penampungan air, namun batu batanya hampir merata di tanah seluas kurang lebih dua hektare. Djoko mengaku pihaknya belum menyusun rencana apa yang akan dilakukan terhadap penemuan tersebut. Namun pastinya jika digali membutuhkan biaya besar karena terletak di tanah hak milik warga.

(238 views)