KPI Kecam Penyataan David yang Dinilai Rendahkan Perempuan Saat Paripurna

Kolaisi Perempuan Indonesia KPI mengecam pernyataan David Handoko Seto anggota DPRD Jember, yang dinilai merendahkan martabat perempuan saat rapat paripurna Laporan Keterangan Pertanggungjawaban atau LKPJ Bupati beberapa waktu lalu. KPI meminta yang bersangkutan meminta maaf kepada publik secara terbuka.

Presidium Nasional KPI, Ema Kemalawati kepada sejumlah wartawan menjelaskan, tidak sepantasnya David melontarkan pernyataan yang merendahkan perempuan dengan mengatakan perempuan pegang cuwek sama wajan saja. Selain menebut-nyebut otoritas perempuan di rapat paripurna LKP tidak ada kaitannya, pernyataan tersebut telah membuat perempuan sakit hati.

Padahal menurut Ema isitilah kesetaraan gender sudah mulai tahun 2002. Sehingga sangat disayangkan jika David sebagai pejabat publik tidak memahami itu di tahun 2020 ini. Karena itulah, selain meminta David meminta maaf secara terbuka, KPI juga mendesak agar yang bersangkutan belajar lagi terkait kesetaraan gender.

Lebih jauh Ema menjelaskan, pihaknya bersama organisasi perempuan lainnya akan terus mengawal kasus ini hingga akhirnya David memenuhi permintaannya. Jika sampai setengah bulan tidak ada itikad baik, Ema memastikan akan menyusun rencana lebih lanjut.

(746 views)