Kawal Proses Hukum Kasus Pasar Manggisan, Sejumlah Elemen Masyarakat Demo Kejaksaan

Sejumlah elemen masyarakat Senin pagi melakukan aksi unjukrasa di kantor kejaksaan negeri Jember. Mereka mempertanyakan sikap kejaksaan, yang tidak pernah memanggil dan memeriksa bupati, padahal sering disebut dalam kesaksian terdakwa kasus dugaan korupsi proyek pasar manggisan Tanggul.

Korlap aksi Kustiono Musri mengatakan, aksi ini dilakukan untuk mengawal proses hukum terhadap kasus pasar manggisan, dimana terdakwa Fariz Nurhidayat dalam kesaksiannya sudah menyebutkan, dugaan kecurangan dan pengkondisian seluruh proyek di kabupaten Jember. Namun kejaksaan tidak pernah memanggil nama-nama yang disebutkan termasuk bupati.

 

Bahkan menurut Kustiono, terdakwa Fariz justru mendapat perlakuan diskriminatif dari jaksa penuntut umum, diantaranya tidak diijinkan didampingi penasehat hukumnya saat mengikuti sidang daring. Ketika meminta didampingi penasehat hukum, jaksa penuntut umum justru marah kepada terdakwa. Karena itu menurut Kustiono, dirinya minta kejaksaan memberikan penjelasan secara terbuka.

Sementara Kasi Intel Kejaksaan Negeri Jember Agus Budiarto menjelaskan, sebenarnya pihaknya sudah menyiapkan ruangan untuk audiensi dengan pengunjuk rasa. Tetapi yang bersangkutan tidak bersedia berdialog, sehingga dirinya belum menerima aspirasi dan tuntutannya. Meski demikian Agus akan melakukan kajian terlebih dahulu, mengenai rumor yang berkembang.

(370 views)