Penangkapan Benih Lobster Dilegalkan, Nelayan Jember Bentuk Asoiasi

Pasca Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mencabut larangan penangkapan benih lobster, sejumlah nelayan di Desa Karanganyar Kecamatan Ambulu meresponnya dengan membentuk Aosiasi Nelayanan Lobster.  Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat soialisasi terkait kebijakan yang baru tersebut kepada para nelayan.

Ketua Asosiasi Nelayan Lobster Jember,Supriyadi kepada sejumlah wartawan menjelaskan, di era Menteri Susi Pudji Astuti penangkapan benih lobster dilarang sebagaimana diatur dalam Permen KP nomor 1 tahun 2015. Namun di era menteri Edhy Prabowo peraturan tersebut dicabut dan diganti dengan Peraturan Mentri Kelautan dan Perikanan RI Nomor 12 tahun 2020 tentang pengelolaan lobster, yang membolehkan penangkapan benih lobster, meskipun beratnya di bawah dua ons.

Karena itulah untk menyikapi perubahan tersebut dirinya bersama nelayan lainnya membentuk wadah agar kebijakan tersebut dapat segera terosialisasi kepada masyarakat. Tidak hanya itu kedepannya asosiasi yang telah dibentuk ini diharapkan bisa membantuk nelayan dalam membuat Surat Keterangan Asal Benih atau SKAB sebagai syarat untuk menjual benih lobster. Sehingga para nelayan nantinya dapat bekerja dengan tenang dan aman.

Lebih jauh Supriyadi menjelaskan, kedepannya asosiasi yang dipimpinnya saat ini akan membantu para neayan lobster dalam memasarkan hasil tangkapannya. Bahkan Supriyadi juga mengaku pihaknya sudah menjalin komunikasi  dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI yang siap membantu menjualkan.

Sementara nelayan asal pantai Watu Ulo, Heri Sugata mengapresiasi terbentuknya asosiasi nelayan lobster Jember.

Selama ini nelayan khawatir tertangkap saat melaut  melalui operasi. Sebab ada larangan menangkap lobster yang membuat nelayan tidak tenang.  Dengan adanya asosiasi ini nantinya nelayan lobster di pantai watu ulo yang berjumlah 800 orang dapat saling bekerja sama dan tidak lagi bekerja sendiri-sendiri. Heri juga berharap dengan adanya kebijakan baru dari Menteri Kelautan dan Perikanan dapat menjaga harga lobster lebih stabil.

(527 views)