PT KAI Batasi Kuota Tiket Kereta Api Hanya 70 Persen

Meski sudah kembali beroperasi mulai hari Jumat tanggal 12 Juni 2020 besok, namun kuota tiket yang dijual hanya 70 persen dari kapasitas normal. Demikian yang disampaikan Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember Mahendra Trang Bawono, Kamis siang.

Menurut Mahendra, meskipun sudah menerapkan protokal kesehatan secara ketat, namun sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 No 7 Tahun 2020 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020, kuota tiket hanya 70 persen dari kouta normal.

Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan kereta api. Sementara untuk penjualan tiket di loket stasiun dilayani  mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Selain itu lanjut Mahendra, untuk lebih memastikan kemanan dari penulaian covid-19, khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain.

Bahkan untuk penumpang jarak jauh diwajibkan mengenakan face shield yang disediakan oleh KAI. Penumpang dapat membuangnya sesampainya di stasiun tujuan di tempat yang sudah disediakan. Khusus untuk penumpang infant atau bayi berumur di bawah 2 tahun, diwajibkan membawa pelindung muka sendiri.

(343 views)