Beberapa Anggaran Sudah Dicairkan Sebelum Evaluasi Gubenur Turun

DPRD Jember mendapat informasi, beberapa anggaran sudah terlanjur dicairkan oleh Pemkab Jember. Padahal jika merujuk kepada surat guvernur tentang evaluasi peeubahan perbup, anggaran-anggaran tersebut tidak disetujui.

Wakil ketua DPRD Jember Ahmad Halim menjelaskan, dalam surat evaluasi gubernur banyak pos anggaran dalam rancangan perubahan peraturan bupati, yang dinilai tidak sesuai ketentuan sehingga harus dibatalkan. Tetapi dirinya mendapat informasi, ternyata sebelum surat evaluasi gubernur turun, beberapa anggaran sudah dicairkan.

Atas kondisi ini lanjit Halim, DPRD Jember akan berkirim surat kepada gubernur dan mendagri agar tidak salah melangkah. Sebab selama ini pemkab tidak pernah melibatkan DPRD dalam pembahasan anggaran, sehingga DPRD juga tidak pernah tahu alokasi anggaran yang direncanakan oleh pemkab.

Sebelumnya gubernue Jawa Timur mengirimkan surat evaluasi terhadap rancangan perubahan Perbup, untuk refokusing anggaran penanganan Covid-19. Dalam surat tersebut gubernur minta pemkab lebih cermat menghitung kembali, karena ada pengurangan dana transfer dari pusat. Selain itu gubernur juga minta pemkab menghapus alokasi anggaran yang dinilai tidak sesuai aturan.

(289 views)