Sejumlah KBIH Jember Dengan Berat Hati Menerima Keputusan Pembatalan Ibadah Haji 2020

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah atau KBIH di kabupaten Jember menyatakan menerima keputusan pembatalan pemberangkatan haji tahun 2020 meskipun dengan berat hati. Demikian yang disampaikan ketua KBIH Bismika Jember KH. Marini Faruq.

Kepada sejumlah wartawan Gus Mamak mengaku tidak kaget dengan adanya pembatalan pemerangkatan haji di saat masih terjadi pandemi covid-19. Karena itu meskipun dengan berat hati pihaknya menyatakan menerima dan mendukung keputusan yang diambil oleh pemerintah dalam hal ini kementerian agama.

Gus Mamak juga mengaku pasca pembatalan tersebut pihaknya langsung memberitahu calon jamaah haji yang menjadi kelompoknya. Mereka juga menyatakan menerima dan memahami bahwa pembatalan pemberangkatan ibadah haji 2020 oleh pemerintah semata-mata ingin menjaga calon jamaah haji itu sendiri.

Hal senada juga disampaikan ketua KBIH Assunniyah KH. Ganim Jauhari. Ganim mengaku meski sebanyak 222 calon jamaah haji yang tergabung dalam KBIH Assunniyah sudah melunasi biaya haji, namun mereka menyatakan menerima keputusan pembatalan pemberangkatan ibadah haji tahun 2020. Bahkan secara pribadi sejak jauh hari dirinya memang menginginkan pelaksanaan ibadah haji 2020 dibatalkan mengingat pandemi covid-19 belum berakhir.

(428 views)