8 ASN Pemkab Yang Ditarik Oleh Bupati Masih Tetap Bekerja di KPU

EBERTA KAWIMASelama belum ada surat keputusan secara definitif, 8 ASN pemkab yang diperbantukan di sekretariat KPU Kabupaten Jember, tetap bekerja seperti biasa. Meski demikian KPU Provinsi Jawa Timur sudah mempersiapkan beberapa rencana cadangan, agar penarikan ASN KPU tidak sampai mengganggu tahapan Pilkada.

Sekretaris KPU Jawa Timur Eberta Kawima menjelaskan, rencana penarikan ASN oleh Pemkab Jember baru berdasarkan surat tembusan yang dikirimkan bupati kepada sekjen KPU RI. Wima menganggap belum ada keputusan dedinitif, sehingga sebelum adanya SK Resmi bupati 8 orang ASN tersebut tetap bekerja seperti biasa di kantor KPU kabupaten Jember.

Wima juga mengaku sudah menyampaikan persoalan ini kepada sekjem KPU RI, namun sejauh ini belum ada petunjuk lebih lanjut. Meski demikian pihaknya sudah menyiapkan rencana cadangan, diantaranya akan menurunkan ASN KPU Provinsi Jawa Timur atau KPU kabupaten terdekat untuk membackup kegiatan operasional KPU Jember. Pada prinsipnya apapun yang terjadi jangan sampai mengganggu tahapan pilkada.

Lebih jauh Wima menjelaskan, secara aturan bantuan staf dari KPU Provinsi ataupun KPU Kabupaten lain dimungkinkan, sesuai Surat Keputusan Sekjen nomor 245 tahun 2017, tentang pengangkatan dan pemberhentian jabatan administrasi KPU Kabupaten dan kota.

(596 views)