Pariwisata Jember Butuh Sentuhan Pemerintah Daerah

FATHURRAHMANJember memiliki banyak potensi wisata alam. Namun u tuk mengembangkannya, tentu butuh sentuhan dan dukungan penuh dari pemerintah daerah. Hal Ini disampaikan Fathurachman, salahsatu warga jember yang juga pemilik salahsatu destinasi wisata di Banyuwangi, dalam diakusi publik yang diselenggarakan Unej dan PWI Selasa siang.

Fathurachman melihat dengan 86 potensi wisata yang ada, merupakan modal yang cukup untuk mengembangkan pariwisata. Bahkan potensi wisata yang dimiliki Banyuwangi sendiei tidak sebanyak itu. Hanya saja pemerintah daerah Banyuwangi mampu mengemas dan membranding, sehingga potwnsi wisata yang terbatas bisa maju pesat.

Fathurachmn melihat sejak awal pemkab Banyuwangi konsen mengembangkan wisata, sehingga seluruh OPD dalam membuat progam berorientasi untuk pengembangan wisata. Bantuan APBD Dan pertumbuhan BUMDes di sektor pariwisata banyuwangi sangat besar, dibantu lagi pemkab mempermudah pengurusan ijin usaha wisata, yang jika dihitung dari awal pengjun hingga terbit SK tidak lebih dari 1 jam.

Sebagai warga asli Jember Fathurachman menilai, mestinya Jember bisa jauh lebih hebat dari Banyuwangi dalam hal pengembangan wisata. Tentu dengan syarat ada kepedulian dari pemangku kebijakan dalam hal ini pemerintah daerah. Sehingga kolaborasi Pemerintah daerah, pelaku wisata dan perhotelan dapat berjalan.

Lebih jauh Fathurachman menjelaskan, Jember juga memiliki Perhutani, BKSDA, TNMB dan PTPN 12, yang harusnya mampu dikolaborasikan untuk membangun destinasi wisata unggulan. Maka kuncinya tinggal keseriusan pemerintah daerah untuk mengembangkan pariwisata Jember.

(1.020 views)