Bawaslu Targetkan Pembentukan Adhoc Selesai 2 Bulan

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, saat ini mulai melakukan proses rekrutmen badan adhoc di tingkat kecamatan dan desa, serta seluruh elemen pendukung proses pengawasan pemilihan kepala daerah 2020 mendatang. Bawaslu menargetkan proses ini selesai 2 bulan kedepan.

Ketua Bawaslu Jember Imam Thobroni Pusaka mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan mekanisme rekrutmen badan adhoc, yang akan menjadi bagian pengawasan di tingkat kecamatan, desa hingga tps. Thobroni menargetkan proses rekrutmen ini sudah harus selesai paling lambat 2 bulan kedepan, karena tahapan pemilu saat ini sudah dimulai.

Selain melakukan pengawasan, Bawaslu juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, yang akan dilakukan setelah badan adhoc terbentuk. Karena dalam proses sosialisasi itu nantinya, Bawaslu juga akan melibatkan struktur pengawas hingga di tingkat TPS.

Selain mempersiapkan rekrutmen badan adhoc lanjut Thobroni, pihaknya juga intens berkomunikasi dengan KPU, khususnya untuk update daftar pemilih. Sebab data tersebut akan sangat dibutuhkan, mengingat tahapan proses pendaftaran calon perseorangan juga akan segera dimulai.

(412 views)