Jelang Pelantikan Hasil Pilkades di Belasan Desa Masih Menyisakan Sengketa

 

Meski sesuai jadwal pelantikan Kepala Desa terpilih akan dilaksanakan tanggal 23 Oktober mendatang, tenyata hingga saat ini masih ada belasan desa yang masih menyisakan sengketa. Bahkan empat desa di antaranya Kamis siang, sudah diagendakan sidang di Pengadilan Negeri Jember. Demikian yang disampaikan Staf Hukum Pemkab Jember Agung Dwi Hendarto, saat dikonfirmasi di Pengadilan Negeri Jember, Kamis siang.

Menurut Agung, meski pilkades di 161 desa telah usai, namun ternyata masih ada hasil pilkades di belasan desa yang masih menuai persoalan, bahkan digugat ke Pengadilan Negeri Jember. Kamis siang, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jember sudah menjadwalkan sidang sengketa pilkades di empat desa, yakni Desa Sukosari, Kecamatan Sukowono, Desa Sumberlesung, Kecamatan Ledokombo, Desa Kemiri, Kecamatan Panti, dan Desa Mumbulsari.

Namun karena sejumlah tergugat tidak hadir, hingga Kamis siang baru sengketa Pilkades Sukosari yang sudah disidangkan. Sementara sisanya masih diagendakan ulang. Karena memang dalam sengketa pilkades ini, tergugatnya cukup banyak mulai dari panitia pilkades hingga Bupati Jember. Namun yang pasti lanjut Agung, sesuai prosedur hukum maksimal 30 hari sengketa pilkades sudah harus selesai.

Saat ditanya apakah nantinya desa yang masih menyisakan sengketa akan mengganggu proses pelantikan kepala desa Agung tidak berkomentar banyak. Dirinya hanya menunggu kebijakan apa yang akan diambil oleh Bupati Jember.

(681 views)