Polisi Hutan TNMB Tembak Mati Satu dari Dua Pelaku Pembalak Liar

ilegal loggingMelawan dengan senjata tajam saat hendak ditangkap, satu dari dua pelaku ilegal logging atau pembalak liar berinisial AR, Kamis pagi ditembak Polisi Khusus Kehutanan, saat hendak mencuri kayu di hutan Taman Nasional Meru Betiri atau TNMB wilayah Kecamatan Tempurejo.

Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal menceritakan, awalnya sekitar 10 anggota Polisi Kehutanan TNMB melakukan patroli pasca penggerebekan kampung ilegal logging di Tempurejo. Sesampainya di TKP, Polisi Kehutanan memergoki dua orang yang hendak mencuri kayu, sehingga langsung diminta menyerahkan diri.

Bukannya menyerahkan diri, salah satu pelaku berinisial AR justru melakukan perlawanan dengan sebuah parang yang dibawanya. Karena dinilai mengancam keselamatan petugas, akhirnya terpaksa dilakukan penembakan. Setelah tertembak pelaku berinisial AR langsung jatuh tersungkur dan meninggal dunia. Sementara satu pelaku lainnya, berhasil melarikan diri.

Dalam kasus ini lanjut Alfian, selain menangai kasus ilegalogging pihaknya juga akan mendalami insiden penembakan peluru tajam oleh Polisi Kehutanan hingga menyebabkan pelaku meninggal dunia. Saat ini Alfian mengaku, sudah menyita senjata api yang digunakan berikut surat-suratnya.

Lebih lanjut Alfian menjelaskan, pihaknya sudah membawa pelaku ke RSD Soebandi untuk dilakukan visum. Pihaknya juga akan terus memburu salah satu pelaku yang berhasil melarikan diri. Sebab hanya dia nantinya yang akan menjadi saksi kunci bagaimana kejadian yang sebenarnya di TKP.

(3.642 views)