Polemik Batas Usia Minimal Pimpinan KPK Hanya Salah Ketik

GHUFRANWakil Ketua KPK terpilih yag juga dekan fakultas hukum Universitas Jember Nurul Ghufron, optimis dirinya tetap akan dilantik bulan Desember mendatang. Sebab isu batas usia minimal yang banyak dibicarakan publik, ternyata hanya salah ketik saja.

Kepada sejumlah wartawan Gufron menjelaskan, Sesuai aturan penegak hukum hanya bertugas menjalankan undang-undang, dan tidak boleh protes atau meminta aturan apapun. Karena itu dirinya pasrah saja apapun yang akan terjadi nanti, karena saat ini dirinya tidak dalam kapasitas boleh meminta.

Namun berdasarkan informasi yang diterimanya, polemik terkait batas minimal 50 tahun untuk pimpinan KPK yang tertuang dalam revisi UU KPK terbaru, hanya salah ketik saja. Sebab setelah angka 50 dalam draft RUU KPK terdapat tulisan dalam kurung empat puluh tahun. bahkan hal ini sudah di plenokan di DPR RI, dan diputuskan yang benar adalah tulisan yang ada di dalam kurung yakni 40 tahun.

Berbeda dengan masyarakat yang bisa meminta revisi undnang-undang, KPK sebagai penegak hukum tidak boleh meminta. Meski demikian Gufron optimis dirinyabtetap akan dilantik sebagai wakil ketua KPK RI bulan Desember mendatang.

(467 views)