Demo Mahasiswa di DPRD Jember Sempat Memanas

DEMORatusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jember, Selasa pagi kembali menggelar aksi unjuk rasa di bundaran DPRD Jember. Suasana sempat memanas hingga terjadi aksi saling dorong antara mahasiswa dan petugas kepolisian, ketika mahasiswa di larang masuk ke halaman gedung DPRD Jember.

Korlap aksi Andi Saputra mengatakan, aksi ini merupakan lanjutan dari aksi pekan lalu untuk menyampaikan 7 tuntutan mahasiswa kepada DPRD, yangbselanjutnya bisa diteruskan ke DPR RI. Diantaranya mendesak presiden terbitkan perppu terkait UU KPK, membatalkan RUU Agraria dan menerbitkan perppu UU Sistem budidaya pertanian berkelanjutan.

Selain itu mahasiswa juga mengecam tindakan represif aparat kepolisian saat melakukan pengamanan aksi unjukrasa, hingga menyebabkan jatuhnya korban meninggal dunia. Sesuai peraturan kapolri nomor 16 Tahun 2006, Polisi dilarang menggunakan senjata atau alat untuk menghalau massa jika dalam kondisi aman.

Aliansi Mahasiswa juga mendesak pemerintah menindak tegas pengusaha atau korporasi pelaku pembakaran hutan, serta mencabut Dan menghentikan HGU kepada perusahaan-perusahaan perkebunan besar.

(466 views)