Pimpinan KPK Terpilih Berharap Dewan Pengawas Berintegritas Tinggi

GHUFRANPimpinan KPK terpilih LNurul Gufron berharap, dewan pengawas yang merupakan salah satu amanat dalam revisi undang-undang KPK, memiliki integritas yang tinggi sehingga KPK tetap mampu menjalankan penegakan hukum sesuai porsinya.
Gufron menjelaskan, Presiden dan DPR RI sudah mengesahkan perubahan undang-undang KPK, di mana didalamnya terdapat 7 point perubahan. Di antaranya KPK tidak lagi sebagai penyidik sekaligus penuntut, sehingga tidak bisa melakukan tindakan secara cepat.
Selain itu untuk melakukan penyadapan KPK harus mengajukan ijin kepada dewan pengawas, sehingga kemungkinan untuk melakukan OTT akan semakin sulit. Untuk itu gufron berharap khususnya kepada pansel dewan pengawas, agar dapat memilih orang-orang yang memiliki integritas tinggi, agar ketakutan dan kebocoran informasi dalam pemberntasan korupsi tidak terjadi.
Proses seleksi dewan pengawas harus sangat ketat, dan para calon juga harus memiliki visi yang sama dengan KPK. Selain itu secara kriteria juga harus sama, yakni bukan pengurus partai, unsur pemerintah dan aparat penegak hukum.

(424 views)