Diduga Lakukan Pungli Pengurusan Sertifikat Tanah Kasun Besuk Diamankan Tim Saber Pungli

Diduga melakukan pungutan liar dalam pengurusan Proyek Operasi Nasional Agraria Prona Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap PTSL, Kepala Dusun Besuk Desa Wirowongso Kecamatan Ajung berinisial M, Jumat petang diamankan Tim Saber Pungli Jember. Hingga saat ini yang bersangkutan masih dalam proses pemeriksaan di Mapolres Jember.

Kasat Reskrim Polres Jember AKP Yadwivana Jumbo Qantasson menceritakan, awalnya Tim Saber Pungli menerima laporan dari warga Dusun Besuk Desa Wirowongso, yang mengaku dimintai biaya sekitar 500 ribu rupiah hingga 1,5 juta rupiah, oleh kepala dusun, saat hendak mengambil sertifikat tanah. Berbekal laporan tersebut Tim Saber Pungli langsung melakukan sidak ke rumah Kepala Dusun tersebut, untuk melakukan klarifikasi.

Dan ternyata sesampainya di sana, Tim Saber Pungli memergoki Kepala Dusun sedang bersama dengan dua orang saksi yang hendak mengurus sertifikat tanahnya. Setelah dilakukan penggeledahan di rumah terlapor, polisi menyita barang bukti berupa 36 lembar setifikat tanah. Untuk kepentingan pemeriksaan Kepala Dusun Besuk dan dua orang tersebut diamankan ke Mapolres Jember. Jumbo mengaku, hingga saat ini kasus tersebut masih dalam proses penyelidikan sehingga belum ada penetapan tersangka.

Lebih lanjut Jumbo menjelaskan, menurut keterangan saksi memang sudah lama warga yang hendak mengambil sertikat di rumah tersangka, harus membayar sejumlah biaya terlebih dahulu. Sehingga tidak menutup kemungkinan korban tidak hanya satu orang saja.

(349 views)