APBD Tidak Mengalokasikan Anggaran Pengamanan Pilkades

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Eko Heru Sunarso, mengakui biaya pengamanan Pilkades serentak tidak dianggarkan dalam APBD 2019. Sehingga anggaran pengamanan Pilkades dialokasikan melalui APBDES atau sumbangan pihak ketiga.

Heru mengakui mendapat informasi, untuk daerah-daerah lain biaya pengamanan Pilkades serentak dianggarkan dalam APBD. Bahkan sebelum Pembahasan APBD 2019 lalu, dirinya juga sudah mengalokasikan anggaran pengamanan Pilkades dalam perencanaan, agar tidak membebani APBDES maupun calon kades.

Namun entah seperti apa prosesnya, ketika APBD 2019 disahkan ternyata anggaran pengamanan Pilkades serentak sudah tidak ada. Heru mengaku tidak bisa berbuat banyak, karena postur anggaran yang diterimanya sudah seperti saat ini, di mana untuk Pilkades serentak hanya tersedia anggaran bantuan logistik.

Meski agak terlambat Heru berharap anggaran pengamanan bisa diusulkan dalam Perubahan APBD 2019, yang dalam waktu dekat dibahas bersama DPRD Jember. tidak harus dialokasikan melalui dispemasdes tapi bisa melalui Satpol PP sesuai tupoksinya.

(417 views)