Siswa SMA yang Ingin Mendaftar di Luar Zonasi Harus Miliki Nilai Sangat Baik

Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru SMA tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya nilai Ujian Nasional menjadi penentu, untuk tahun ini jarak tempat tinggal dengan sekolah yang akan dijadikan acuan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Jember Lutfi Isa Ansori menjelaskan, mekanisme ini sudah fiatur dalam Permendikbud 51 Tahun 2018, di mana domisili siswa menjadi penentu dimana dia bisa bersekolah. Sehingga pihak sekolah nantinya tinggal melakukan ranking antara jarak rumah dengan sekolah.

Meski demikian lanjut Lutfi, siswa bisa saja memaksakan jika ingin mendaftar sekolah diluar zona. Tetapi tentu saja siswa tersebut harus benar-benar memiliki nilai yang bagus, karena sekolah hanya diijinkan menerima 2 persen siswa yang berasal diluar zona.

Dengan sistem ini Lutfi berharap kedepan kualitas SMA di Jember bisa sama rata, tidak ada lagi sekolah favorit dan tidak favorit secara akademis. Diberitakan sebelumnya tahun ini PPDB sma hanyabterbagi menjadi 3 zona, yakni zona Timur Utara, Kota dan Barat Selatan.

(255 views)